Yusuf Eka

Insyaallah Menjadi Seorang Developer Yang berguna bagi bangsa dan negara.. Amiinn.

Category: Programming

Augmented Reality ( AR )

AR

Augmented Reality

DEFINISI

                           Menurut penjelasan Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007), riset Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).
Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan perantara berupa komputer dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.

SEJARAH AUGMENTED REALITY

Sebenarnya sejarah tentang augmented reality sudah dimulai dari tahun 1957-1962, ketika seorang penemu yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan sebuah simulator yang disebutnya Sensorama dengan visual, getaran dan bau.
New Picture (2)

Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display. Tahun 1975, seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya.Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya.

Tahun 1992 mengembangkan augmented reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat Boeing, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem augmented reality, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara Amerika Serikat Armstrong Labs dan menunjukan manfaatnya pada manusia, dan pada tahun 1992 juga, Steven Feiner, Blair Maclntyre dan Doree Seligmann memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan Prototype AR.

Augmented Reality (2)

Pada tahun 1999, Hirokazu Kato seorang kebangsaan Jepang, mengembangkan Augmented Reality Toolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH.

Pada tahun 2000, Bruce.H.Thomas mengembangkan Augmented Reality Quake, sebuah Mobile Game Augmented Reality yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers.

Pada tahun 2008, Wikitude Augmented Reality Travel Guide, memperkenalkan Android G1Telephone yang berteknologi augmented reality.

Tahun 2009, Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit (Flash Augmented Reality Toolkit) yang merupakan perkembangan dari Augmented Reality Toolkit.
New Picture (5)

FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi Augmented Reality disebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Sebenernya Saqoosha terinspirasi dari NyARToolkit (sama-sama orang Jepang), tetapi NyARToolkit sudah banyak bahasa yang diambil mulai dari Java, C++, C#.

NyARToolkit juga sebenarnya mengadopsi dari ARToolkitmilik HITLab Washington. Sampai saat ini sudah banyak sekali software-software untuk membantu programmer dalam membuat aplikasi augmented reality.

MASA DEPAN AUGMENTED REALITY

Tidak seperti Virtual Reality yang bertujuan menggantikan persepsi dunia dengan yang buatan, augmented reality memiliki tujuan untuk meningkatkan persepsi seseorang dari dunia sekitarnya.

Menjadi sebagian virtual dan nyata, teknologi antarmuka baru Augmented Reality yang mampu menampilkan informasi yang relevan ini sangat membantu dalam pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharaan, manufaktur, militer, permainan dan hiburan.

Augmented Reality memiliki banyak keuntungan dibandingkan Virtual Reality karena pengguna dapat melihat dan menyentuh benda-benda digital dan dapat berinteraksi dengan elemen-elemen digital. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality berarti akan melahirkan jenis baru interaksi antara manusia dengan komputer.

Video game telah menghibur kita selama kurang lebih 30 tahun, sejak Pong arcade diperkenalkan pada awal 1970-an.

Komputer grafis telah menjadi jauh lebih canggih sejak itu. Sekarang, para peneliti mencoba untuk mengintegrasikan mereka ke dunia nyata.

Teknologi baru ini, yang disebut Augmented Reality disingkat AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara apa yang nyata dan apa yang dihasilkan komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasa dan mencium.

Augmented Reality akan mengubah cara kita memandang dunia atau setidaknya cara penggunanya melihat dunia.

Bayangkan diri Anda berjalan atau mengemudi di jalan, dengan Augmented Reality, elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang Anda pandang, seperti pada kacamata atau pada kaca depan mobil Anda.

Kemudian ketika Anda membaca koran, dengan Augmented Reality koran tersebut tidak hanya menampilkan tulisan dan foto, tetapi kita bisa melihat video dan mendengar suara yang keluar melalui koran tersebut.

 

CONTOH APLIKASI :

1. LAYAR
2. WIKITUDE
3. AR SOCCER
4. BASKETBALL SOCCER
5. GOOGLE SKY MAP
 

SOLUSI UNTUK INDONESIA :

Membuat Aplikasi untuk mengenal candi candi yang ada di inonesia.
Deskripsi :
Ada Gambar yang telah di sediakan lalu handphone kita arahkan pada gambar tersebut maka nanti akan muncul bagian bagian dari candi ..
Manfaat :
Untuk memberi wawasan kepada anak2 mengenai candi candi yang ada di indonesia.
 
REFERENSI :
1. http://augmentedrealityindonesia.com/
2. http://himaster.mipa.uns.ac.id/10-aplikasi-seru-berbasis-teknologi-augmented-reality/

Artificial Intelligence

  Artificial Intelligence Apakah itu ?

                       salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan umat manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.

Implementasi kecerdasan buatan dapat diterapkan pada bidang:

Visualisasi komputer

Kecerdasan buatan pada bidang visualisasi komputer ini memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali gambar sebagai input.

Contohnya mengenali sebuah pola pada suatu gambar.

Pengenalan Suara

Kecerdasan buatan pada pengenalan suara ini dapat mengenali suara manusia. Cara mengenali suara ini dengan mencocokannya pada acuan yang telah diprogramkan terlebih dahulu. Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.

Sistem Pakar

Kecerdasan buatan pada Sistem Pakar ini memungkinkan sebuah sistem komputer memiliki cara berpikir dan penalaran seorang ahli dalam mengambil keputusan, untuk memecahkan masalah yang ada pada saat itu. Contohnya program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukan gejala-gejala yang dialami pasien.

Permainan

Kecerdasan buatan pada permainan ini memungkinkan sebuah sistem komputer untuk memiliki cara berpikir manusia dalam bermain. Contohnya permainan yang memiliki fasilitas orang melawan komputer. Komputer sudah di program sedemikian rupa agar memiliki cara bermain seperti seorang manusia bahkan bisa melebihi seorang manusia.

DAMPAK NEGATIF :

  • Sebagai dampak negatifnya mungkin makin lama Artificial Intelligence dapat menggantikan peran manusia pada pekerjaan yang lebih baik dikerjakan oleh AI.
  • Selain itu mungkin juga dapat membuat manusia jadi lebih ‘malas’ karena pekerjaan2 bisa dikerjakan oleh AI.

CONTOH APLIKASI : 

SIMSIMI

SimSimi adalah aplikasi chatting yang terkenal pada tahun 2012. SimSimi juga sering disebut “Intelligent Chatting Robot” karena tokoh Simi ini merupakan sebuah aplikasi robot yang bisa melakukan obrolan bersama pengguna.

Perkembangan Simsimi Di Indonesia :

Di Indonesia, SimSimi yang diluncurkan Januari 2011 ini dikembangkan oleh SimSimi Indonesia/PT Aladin. Perkembangan SimSimi di Indonesia memang sedang dikhususkan. Tampilannya memang cukup berbeda dari halaman aslinya dan percakapan yang terjadi di laman Indonesia bisa disebut lebih luwes jika dibandingkan dengan laman yang dikelola oleh ISMaker di Korea Selatan. Pihak pengembang juga akan lebih mengembangkan lagi aplikasi simSimi ini agar bisa digunakan tidak hanya pada smartphone, tetapi pada ponsel yang biasa saja tetap bisa digunakan. Pengembang akan membuat serta mengakomodasi kebutuhan pengguna agar bisa mengobrol dengan Simi melalui SMS.

Bahasa :

Bahasa merupakan salah satu fasilitas yang ada di Aplikasi Chatting SimSimi. Bahasa yang ada dalam aplikasi SimSimi sekitar 16 bahasa. Saat pengguna ingin memulai obrolan dengan simi, pengguna bisa memilih bahasa , dari mulai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya.

Dalam aplikasi SimSimi, tidak hanya bahasa negara saja yag bisa digunakan, tetapi bahasa daerah juga bisa digunakan. Contohnya seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dll.

Pengguna bisa memilih bahasa yang diinginkan dalam melakukan obrolan. Dalam memilih bahasa yang diinginkan, pengguna bisa memilih bahasa pada kolom yang telah disediakan, di bagian kanan atas halaman, kolom yang bertanda panah ke bawah. Di dalam kolom, terdapat banyak pilihan bahasa yang telah bisa digunakan dalam melakukan obrolan dengan simi.

 

IDE ARITIFICIAL INTELLIGENT

Ai yang bermanfaat pada kehidupan sehari hari oleh karena itu saya memiliki ide untuk Membuat sebuah AI yang mampu membuatkan makanan secara instan hanya dengan memasukan bahan bahannya saja. jadi nanti kita memilih menu makanan apa yang di inginkan setelah itu pada layar mesin akan muncul bahan bahan yang di perlukan dan setelah kita memasukan bahan2 tersebut maka makanan akan di buat oleh mesin jadi kita hanya menunggu saja.

 

Internet Of Things

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.

Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.

Seberapa penting IoT?

Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena Internet of Things menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Bayangkan sebuah benda dapat mewakili dirinya sendiri secara digital dan dapat dikontrol dari mana saja. Konektivitas ini berarti lebih banyak data, yang dikumpulkan dari lebih banyak tempat, dengan lebih banyak cara untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan keselamatan dan keamanan.

Internet-of-Things-4Contoh sederhana implementasi dari Internet of Things misalnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi atau saat penghuni rumah yang baru pulang kantor malam hari lupa mengunci pintu karena kelelahan dan pintu tersebut mengunci otomatis setelah mendeteksi bahwa penghuni rumah sudah tertidur di kamar.

Namun, ditengah hingar bingarnya pengembangan IoT, HP Research sempat mengeluarkan publikasi tentang kerentanan perangkat IoT terhadap serangan hacker.

Lalu apakah Indonesia siap untuk menanggulangi tantangan ini, terutama dalam hal keamanan perangkat IoT?

“Resiko negatif mungkin karena awareness terhadap keamanan dan privasi yang masih rendah. Banyak orang membuat suatu solusi IoT misalnya untuk memonitor keamanan rumah, namun lupa dari sisi keamanan dan privasi, sehingga begitu layanan dihidupkan maka peretas [hacker] segera punya akses ke sistem ini dan bisa melakukan penyusupan.” ujar Tony menanggapi isu keamanan pada implementasi IoT. “Saya melihat resiko negatif ini jauh lebih sedikit daripada manfaatnya yang luar biasa yang masih belum tergali sampai saat ini.”

ICT EXPO ( KABEL FIBER OPTIK )

Pada saat ini Kabel Fiber Optic banyak digunakan dalam instalasi jaringan dan telekomunikasi seiring dengan kebutuhan akan media transmisi yang memiliki kapasitas kecepatan dan banwidth
yang besar.

IMG_20150912_095337

ICT

ICT

ICT
Kabel optik juga saat ini marak digunakan didalam perkantoran contohnya untuk sebagai koneksi
Trunk dari perangkat switch ke switch, maupun dari perangkat switch ke router, yaitu tadi salah
satunya dilatari permintaan akan bandwidth yang besar.

Tapi kalau menurut saya sendiri kabel fiber optik tidak hanya mempunyai kelebihan sebagai media transfer data atau bandwith besar tetapi lebih diutamakan sebagai backbone instalasi dan jarak jauh.
Contoh Kasus : jika kita mau memakai kabel utp untuk instalasi lebih dari 100 meter maka cenderung akan banyak loss dalam data, makanya digunakan fiber optik

ICT

Dalam ICT ini saya mendapatkan ilmu yang sangat berguna dan juga pengetahuan yang jarang orang ketahui.

semoga ICT selanjutnya lebih baik lagi.

Java || Tutorial Dasar

JAVA adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari